OUTBOND KARANGPANDAN

Permatanews, –
SUBHANALLAH SERU BANGET…Bertepatan dengan libur tanggal merah (22 – 23 januari) Pengurus Pemuda mengadakan kegiatan luar (outdoor) berupa Outbound. Acara ini dilaksanakan di daerah Karang pandan. Kegiatan ini adalah menjadi agenda kegiatan pemuda untuk penyegaran (refresing) dari rutinitas kajian. Selain itu kita juga dapat belajar, memahami, dan merenungkan betapa agung dan indahnya alam ciptaan Allah ini sekaligus dapat meningkatkan keimanan kita.

Kali ini saya akan berbagi cerita tentang pengalaman waktu Outbound Pemuda di Karang pandan.
Sebelumnya, rencana ini sebenarnya adalah Mabit pada akhir tahun 2011 yaitu pada malam pergantian tahun 2011 menuju tahun 2012 (dilanjutkan outbound pada pagi harinya). maksud dari kegiatan ini adalah memberikan kegiatan pemuda pada malam pergantian tahun dengan sebuah acara yang lebih bermanfaat ketimbang dilewatkan hanya dengan ikut-ikutan turun ke jalanan serta meniup terompet (yang mana hal ini adalah bukan ajaran islam), sehingga begadang malamnya tidak sia-sia begitu saja melainkan dihidupkan dengan tilawah, kajian + bedah film ”satanisme kebudayaan modern” dan sholat tahajjud. Alhamdulillah Mabit berjalan dengan lancar.

Karena ada satu dan lain hal terpaksa untuk Outbound diundur, karena panitia ada yang dapat ujian sakit dan juga punya kesibukan masing-masing (cari ma’isyah). Sebelum itu panitia sebenarnya sudah mengadakan syuro baik ketika habis kajian maupun diluar kajian, lobi2 pun juga sudah dilakukan sampai memastikan jumlah peserta yang ikut. Meski acara outbound itu biasanya banyak yang tertarik tapi ternyata sulit juga lho?

Hampir 20 peserta ikut aktif dalam kegiatan ini.
Mendekati hari H ternyata rencana untuk survei lokasi pun belum berhasil, rencana Sabtu sore (21/1) survei ke karang pandan dibatalkan karena Solo saat itu hujan deras, begitu pun dengan sana. Akhirnya rencana dirubah dan panitia dibagi, dan ahad pagi berangkatlah mas Ibnu dan Ozi survei untuk kegiatan hari senin pagi dan alhamdulillah berhasil mendapatkan lokasi bagus.

Acara pun sudah di depan mata, ahad pagi pun telah berganti sore saatnya berangkat…tapi menunggu teman-teman kumpul dulu. Namun, Allah berkehendak lain dan ba’da asar hujan turun dengan lebatnya. Sambil menunggu mobil jemputan sambil SMSan dengan teman-teman dari Skh yang ternyata mereka telah menunggu di Bekonang dengan 7 orang dalam mobil yang saat itu juga hujan deras dan takut mematikan mobil karena khawatir malah mesin tidak mau dihudupkan, kisah mas fauzi (sang driver). Selama menunggu inilah mesin terus dihidupkan dan akhirnya mobil ijin untuk jalan duluan menunggu di taman Pancasila, tutur mas Muslim.

Ternyata Allah punya rencana lain untuk kami, jam 5 sore saat itu hujan mulai reda. Dan mobil jemputan sudah datang lalu melaju membawa rombongan Solo. Tetapi salah satu dari Pembina kami (pengisi materi – Bp. Martin) terpaksa naik motor sendiri, padahal hujan gerimis serta kondisinya kurang fit.
Ya Allah lindungilah beliau dan mudahkanlah perjalanan kami hingga sampai ditujuan. Peserta pun selalu sms menyakan ”sampai dimana?” maklumlah karena kita terpisah dengan rombongan Skh..sedangkan mereka sudah menunggu di karanganyar.
Setelah melewati waduk Lalung, sampailah rombongan ditaman Pancasila. Meski mereka kami lewati karena keadaan jalanan sudah mulai gelap tapi alhamdilillah ketemu mereka.
Kami sempat kaget…subhanallah, ternyata didalam mobil ada wajah yang tidak asing lagi bagi kami yaitu akhuna nuramin (teman Permata yang baru nikah kemarin). Subhanallah, dia bisa ikut rombongan padahal sebelumnya sms bahwa ibu dan istrinya sakit dan minta didoakan, jadi kemungkinan tidak ikut.

Perjalanan yang gelap, bergelombang, menanjak pun kami nikmati dengan suara alunan tilawah Al-Qur’an dari hp mas Alif, yang menambah suasana sejuk diperjalanan malam itu.

Jam 18.35 sampailah kami di karang pandan. Hawa dingin sudah terasa. Kami disambut oleh teman yg tadi pagi berangkat survei terlebih dahulu…wah mereka sudah rapi, beda dengan kami yang kusut di perjalanan.

Setelah bersalaman dengan tuan rumah (Bp. Ramelan sekeluarga), kami pun dipersilahkan masuk dan sholat jama’ qoshor. Karena makan malam sudah siap, maka kami pun langsung dipersilahkan untuk memakannya (tapi pada malu jadi agak lama untuk mengambil nasi+lauk). Setelah itu acara ta’aruf keliling yaitu menghafal nama2 semua peserta secara bergantian, alhamdulillah bisa sebagai ice breaking.
Kegiatan dibuka oleh sambutan dari Bp. Ramelan dengan taushiyah ” agar pemuda senantiasa tetap istiqomah di jalan Islam jangan sampai kendor karena sebagai orangtua selalu mendoakan kita”.
Untuk kajian inti, Bp. Martin yang didaulat sebagai salah satu pembicara mengambil tema tentang ” Pemimpin Sejati bukan Lahir Dari Taburan Materi”.
Materi yang padat membuat larutnya malam tidak terasa hingga pukul 03.00 pagi, saat itulah alarm berbunyi waktu untuk sholat tahajjud.
Tepat senin 23 Januari 2012 pukul 05.45 WIB, dan diawali dengan Briefing / Pengarahan acara Outbound, dan dilanjutkan dengan jalan sejauh ± 2 Km Hal inilah yang membuat rekan-rekan Outbound sangat bersemangat untuk melakukan Outbound di Kawasan karang pandan ini. Selain indah dan sejuk Kawasan Wisata Agrophonik ini, kemudian makan pagi bersama di tengah persawahan. Kemudian outbond pun dimulai dengan materi serta Games-Games yang tidak kalah serunya. Ditemani angin semilir yang sejuk yang membawa suasana Outbound menjadi menyenangkan.
Acara dimulai; dengan game I: tusuk balon (peserta dibagi mjd 5 kelompok), game II: sepak bola gawang botol, game III: main tepung.
Para peserta pun bersemangat dan cukup antusias menjalani game2 ini, ekspresi mereka bermacam-macam:
Berikut beberapa foto cuplikan pada saat kegiatan Outbound berlangsung

 

 

 

 

 

 

 

Outbound ditutup dengan taujih, doa dan pamitan. Dan mereka saling bertukar nomor Hp oleh semua peserta, semoga setelah berpisah mereka dapat saling menjalin kontak lewat bel atau sms.
Saudaraku….tetap semangat di jalan dakwah, semoga berpisahnya kita bukan akhir dari kegiatan ini tetapi ini adalah awal dari pertemuan yang akan datang, sampai ketemu di acara outbond tahun depan, insyaAllah.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s