Ngetik 10 Jari Yuks….

kita sebagai mahasiswa yang banyak tugas dan perlu diketik apalagi
belum punya komputer/laptop sendiri pasti ga mau duduk berlama2 di
rental atau warnet yang menghabiskan uang saku kita gara2 problem
‘ngetik 11 jari’ alias pake 2 jari telunjuk…
masih ada yang merasa seperti itu?
kasihan kan orang tua kalian yang membri kalian uang untuk makan tapi
sebagian terkuras di rental atau warnet gara2 cara ngetik kalian yang
‘ga sebentar’ itu…
jadi,hari ini..eh salah,dalam tulisan ini sy mau ngasih sdikit tips
buat temen2 yang suka bikin laporan pake diketik atau bikin proposal
kegiatan nya di rental dan di warnet…

ngetik pake 10jari itu gampang kok…
asal terus dilatih dan dipergunakan ga akan lupa dan akan terus
dimanfaatkan buat cv kalian [loh?!] kan kalo misalnya ada formulir
pendaftaran tuh pasti ada keterampilan khusus,kalian bisa tulis ngetik
10 jari…wuihhh. …pasti keren,soalnya masih tergolong jarang
mahasiswa ngetik 10 jari tanpa melihat keyboard…
saat menulis topik ini juga sy ga liatin keyboard…tapi liat monitor
klo ada yang salah tinggal diapus…

ok kita mulai…punya komputer? ga punya? sama donk… dulu sy
belajar ngetik 10 jari pas sma cuma pake sebuah keyboard bekas! buat
yang blum punya komputer/laptop ga usah gigit jari…
baik.

yang pertama.tempatkan kedua jari telunjuk kamu kiri pada huruf ‘F’
dan kanan pada huruf ‘J’.kamu liat kan ke2 huruf itu ada
tonjolannya? itu adalah posisi awal dalam mengetik 10jari [pinter ya
yang bikin keyboard…] .

selanjutnya jari yang lain ikuti dgn sejajar telunjuk.[jari kir:tengah
huruf ‘D’,manis ‘S’,klingking ‘A’.jari kanan:tengah huruf ‘K’,manis
‘L’,klingking ‘;’],,,

jempol dimana?kedua jempol stand by dispace bar ‘ ‘.
oke!posisikan senyaman mungkin.
yang kedua.jangkauan masing2 huruf sesuai dengan diagonal ke arah
kiri.ga ngerti ya?
baik,jadi jangkauan untuk klingking kiri ialah huruf:1,Q,&Z. juga
menjangkau fungsi tab,caps lock,shift kiri,dan ctrl kiri.
selanjutnya mengerti?kalo blum tak kasih 1 contoh lagi.
misal untuk jari tengah kanan jangkauan hurufnya:8,I, dan ,
terkecuali untuk 2 jari telunjuk mereka punya jangkauan luas[kayak IM3]…
untuk telunjuk kiri:4,R,V,5, T,G,B
untuk telunjuk kanan:7,U,M, 6,Y,H,N
jadi untuk menjangkau setiap wilayah huruf semua jari tangan,kalian
tinggal menggeser ke arah diagonal kiri.
gimana?mengerti? itu masih teorinya…
ada lagi,jika kalian ingin membesarkan huruf dgn fungsi ‘shift’,bila
huruf yang akan dibesarkannya berada diwilayah tangan kanan pakailah
jari kelingking kiri untuk menahan shift itu,bgitupun sebaliknya.. .

oke,mungkin itu sedikit trik dari sy.tapi itu bukan trik kok,itu
pelajaran dasar mengetik 10jari…klo pingin mahir,pertama2 kalian
harus banyak latihan,ga perlu menghapal letak hurufnya dulu soalnya
klo kalian banyak latihan mengetik paragraf lama2 juga hapal
sendiri…terus kalian juga harus banyak latihan… kayak sy dulu
yang belajar cuma pake keyboard bekas…dan akhirnya bisa lancar
ngetik gini deh….rahasia mengetik 10jari ini ga akan bisa ditemuin
dalam kuliah loh…^_^

ilmu kalo ga diamalkan dan diajarkan akan dipertanggungjawabk an di
akhirat,,,
jadi sy kasih tau temen2 rahasia ngetik 10jari…klo temen2 udah
mahir,ajarin temen2 yang laen yah…

selamat mencoba….
wassalamu’alaikum.

2 responses to “Ngetik 10 Jari Yuks….

  1. Saudaraku yang dirahmati Allah…
    lho emang kita punya 11 jari? kayaknya Allah mbri kita cuma 10 jari. Dengan karunia Allah yg hanya 10 jari it sudah cukup kok malah dh bs buat apa aj. Mgkn kt prlu brusaha dan sungguh2 pasti bisa deh. ingat “Man jadda wa jadda” artinya barangsiapa brsungguh2 pasti akn mndptknny. Smga dmdhkan olh Allah ya. Met mencoba dan trus brlatih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s